Saat Musim Hujan, Khawatir Velg Rusak? Begini Cara Perawatannya!

Saat Musim Hujan, Khawatir Velg Rusak? Begini Cara Perawatannya!

Siapa disini yang kemana-mana bergantung sama sepeda motor?

Ke kampus, ke kantor, nganterin ibu ke pasar, jemput pacar, kemana aja nggak bisa lepas dari sepeda motor. Kalau kamu tipe yang seperti ini tentunya harus tahu cara merawat sepeda motor jika setiap hari selalu menggunakannya. Terutama saat musim hujan dimana kamu harus ekstra hati-hati dan sabar saat menerobos jalanan licin, berlubang dan banjir

Velg adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan keadaannya, terutama saat musim hujan dimana cuaca sekitar tidak bisa terlepas dari air dan situasi yang basah. Resiko berkarat, kendor dan penurunan performa tak bisa lagi dihindari, namun hal tersebut bisa ditanggulangi dengan tips perawatan velg ala TK Racing berikut ini

  1. Cuci Keseluruhan Motor Setelah Menerobos Hujan

Buat kamu yang sering banget malas untuk cuci motor setelah hujan-hujanan, hindari kebiasaan ini karena akan mengganggu kinerja mesin. Tak hanya itu, kandungan air hujan memiliki sifat asam yang tinggi, karena akumulasi dari polusi, debu dan kandungan kimia berbahaya lainnya di udara. Hal ini akan menyebabkan komponen motor menjadi lebih mudah berkarat, terutama velg.

Jika dibiarkan, kandungan asam tersebut juga bisa merusak cat asli motor. Maka dari itu segera cuci keseluruhan body motor, termasuk velg agar tidak cepat rusak, berkarat dan kotor pada lapisan luarnya.

  1. Keringkan Sebelum Dipakai Kembali

Motor yang basah jika tetap dipaksakan untuk bekerja akan merusak komponennya. Walaupun mesin motornya mengeluarkan hawa panas yang akan mengeringkan bagian lain yang basah, hal tersebut adalah cara yang salah. Terutama jika motor tidak dibersihkan terlebih dahulu, sifat asamnya akan mengikis besi dan membuat bagian tertentu jadi mudah keropos seperti velg.

Pengeroposan pada velg memang tidak tampak pada bagian luar, justru bagian dalam lah yang mulai rentan. Karena itu pastikan motor sudah harus bersih dan kering sebelum dipakai kembali untuk kegiatan sehari-hari.

Jangan dibiasakan malas membersihkan dan mengeringkan motor ya!

  1. Tambah Tekanan Angin Ban

Jika kamu terbiasa menerobos hujan dan tetap gaspol walaupun melewati genangan air di jalanan berlubang, harus sering-sering periksa tekanan angin pada ban nih! Tekanan ban juga mempengaruhi performa dan daya tahan velg. Jika velgnya kuat namun bannya tidak, maka akan merusak keduanya.

Menambah tekanan angin di dalam ban dimaksudkan untuk membuat tarikan pada ban menjadi lebih enteng, ringan dan nggak berat. Karena jika tekanan kurang, tentunya berpengaruh pada usia pemakaian ban, hal tersebut membuatkan menjadi tidak tahan lama.

Selain itu, kurangnya tekanan pada ban akan mengurangi daya cengkram ban pada jalanan, terutama lintasan beraspal yang terkadang berlubang. Supaya tidak berbahaya, maka pastikan teknana angin pada ban motor kesayangan kamu sudah sesuai ya. Jangan disepelekan tentang hal ini, terutama pada musim huja

  1. Cek Keadaan Velg

Mengecek keadaan velg harus rutin dilakukan agar tidak mudah karatan, keropos dan resiko kerusakan lainnya. Jika tetesan air hujan masih menempel saat kamu menerobos genangan air, segera lap dengan kain bersih dan kering. Hal ini boleh dilakukan bersamaan dengan mencuci ban motor untuk menghilangkan unsur asam berbahaya pada komponen tersebut.

Membersihkan velg sekaligus ban agar kotoran tidak membuat kinerja keduanya menjadi berkurang, karena ban yang cepat getas akan mempengaruhi kekuatan dan daya tahan velg juga.